Wednesday, February 2, 2011

Manfaat Berjalan Kaki

Saat ini kebanyakan orang lebih senang membentuk tubuh agar terlihat langsing bagi perempuan dan berotot bagi pria.  Jarang ada orang yang benar-benar meluangkan waktu untuk berjalan kaki, padahal berjalan kaki merupakan olah tubuh terpopuler di dunia karena siapa pun bisa melakukannya.  Berikut keuntungan-keuntungan yang bisa kita peroleh dari kebiasaan berjalan kaki:

1. Cegah Serangan Jantung
Berjalan kaki dapat menekan risiko serangan jantung. Agar jantung bugar dan berfungsi secara normal memompakan darah tanpa henti, otot jantung membutuhkan aliran darah lebih deras (dari pembuluh koroner yang memberinya makanan). Dengan berjalan kaki, hal itu dapat terpenuhi.

2. Mencegah Stroke
Sebuah studi di Amerika Serikat menunjukkan bahwa resiko terserang stroke akan menurun dua per tiga kali lebih banyak bagi perawat yang dalam bekerja tercatat melakukan kegiatan berjalan kaki sebanyak 20 jam dalam seminggu.

3. Berat Badan Stabil
Berjalan kaki rutin secara rutin dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh.  Selain sejumlah kalori terbuang oleh aktivitas berjalan kaki, kelebihan kalori yang mungkin ada juga akan terbakar oleh meningkatnya metabolisme tubuh sehingga kenaikan berat badan yang terlalu signifikan tidak akan terjadi.

4. Menurunkan Berat Badan
Selain membuat berat badan dipertahankan stabil, berjalan kaki secara rutin dapat berguna bagi orang yang kelebihan berat badan.  Cadangan lemak berlebih di bawah kulit akan dibakar bila rajin melakukan kegiatan berjalan kaki paling kurang satu jam sehari.

5. Mencegah Diabetes

Sebuah penelitian oleh National Institute of Diabetes and Gigesive & Kidney Diseases memperlihatkan bahwa kebiasaan berjalan kaki dengan kecepatan sekitar 6 km per jam selama kurang lebih 50 menit dapat menunda atau mencegah berkembangnya diabetes Tipe 2, khususnya pada orang yang kelebihan berat badan.
(Sumber: liputan6.com)

Sebenarnya masih banyak lagi keuntungan-keuntungan dari aktivitas berjalan kaki setiap hari, namun 5 keuntungan di atas sudah dapat menggambarkan sedikit manfaat berharga dari aktifitas berjalan kaki.  Ternyata, nggak perlu menganggarkan dana besar untuk sehat ya.... ^_^ bahkan tanpa alas kaki juga bisa...
Besok mulai biasain jalan pagi aaah.... :D  Walaupun belum bisa seperti orang luar negeri yang kemana-mana jalan di trotoar (karena di kota saya trotoarnya sangat memprihatinkan), setidaknya saya akan keliling komplek rumah aja.  Mudah-mudahan nggak dikejar anjing tetangga... :p  hehe
Take one step to get a hundred step!  Semangat!!

No comments:

Post a Comment