Saturday, November 27, 2010

Rahasia Mengapa Banyak Orang Menyenangi Hujan!! (termasuk saya) ^^

Wew, saya baru tau nih, beberapa fakta tentang hujan yang sangat-sangat saya senangi selama ini...
Hujan merupakan satu bentuk presipitasi yang berwujud cairan. Presipitasi sendiri dapat berwujud padat (misalnya salju dan hujan es) atau aerosol (seperti embun dan kabut). Hujan terbentuk apabila titik air yang terpisah jatuh ke bumi dari awan. Tidak semua air hujan sampai ke permukaan bumi karena sebagian menguap ketika jatuh melalui udara kering. Berikut ini diterangkan, Fakta Menarik Tentang Hujan yang mungkin kita semua tidak ketahui sebelumnya:


1.  Rata-rata kecepatan jatuhnya air hujan hanyalah 8-10 km/jam.
 

2.  Air jatuh ke bumi dengan kecepatan yang rendah.  Hal ini karena titik hujan memiliki bentuk khusus yang meningkatkan efek gesekan atmosfer dan membantu hujan turun ke bumi dengan kecepatan yang lebih rendah.  Andaikan atmosfer bumi tidak memiliki gaya gesekan (bayangkan jika hujan terjadi seperti gelembung air yang besar yang turun dari langit), maka bumi akan menghadapi kehancuran setiap turun hujan.


3.  Ketinggian minimum awan hujan adalah 1.200 meter.


4.  Efek yang ditimbulkan oleh satu tetes air hujan yang jatuh dari ketinggian tersebut (1.200 m) ternyata hanya sama dengan benda seberat 1 kg yang jatuh dari ketinggian 15 cm.  Ajaib bukan?


5.  Awan hujan dapat juga ditemukan pada ketinggian 10.000 meter.

6.  Dalam satu detik, kira-kira 16 juta ton air menguap dari bumi. 

7.  Jumlah tersebut (16 juta ton) sama dengan jumlah air yang turun ke bumi dalam satu detik.  Dalam satu tahun, diperkirakan jumlah ini akan mencapai 505x1012 ton.  Air akan terus berputar dalam daur yang seimbang berdasarkan “takaran” tertentu.  Oleh karena itu menjaga siklus air sangat penting!

8.  Butiran air hujan berubah bentuk ratusan kali tiap detik.

9.  Bila butiran air hujan membeku, akan terbentuk kepingan kristal yang sangat indah yang berbeda dengan bentuk es biasa yang di bekukan di freezer (kulkas / lemari pendingin).

10.  Setelah hujan turun, tanah, ilalang, rerumputan akan mengeluarkan bau wangi yang khas.  Senyawa ini dinamakan 'petrichor'.

11.  Fakta terakhir yang paling misterius dan paling mengejutkan ilmuan adalah bahwa hujan memiliki kemampuan menghipnotis otak manusia untuk me-resonansi-kan ingatan masa lalu.  Dan tanpa bisa mendapatkan bukti ilmiah, para ilmuan hanya bisa menyimpulkan bahwa “di dalam hujan, ada lagu yang hanya bisa didengar oleh mereka yang rindu”. 

Pada titik ini para ilmuan meyakini bahwa : manusia biasanya mendapatkan inspirasi..


Akhirnya, hujan membawa kita pulang ke rumah, tempat yang hangat untuk berteduh dan berkumpul bersama keluarga......




 Dan bila kita beruntung, kita dapat melihat fenomena lanjutan dari hujan yang hanya terjadi di pagi/sore hari... PELANGI !!! 
:D


Subhanallah banget kan?! 
Jadi, setelah mengetahui ini semua, bagaimana mungkin kita bisa tidak mencintai hujan??? ^__^


(Sumber: www.kulimandi.com dan sedikit sentuhan dari saya ; Sumber Gambar: Berbagai Sumber>> asli bukan jepretan sendiri)

2 comments:

  1. hah tetap aja ndak suke axu dgn hujan, bisa memutuskan sinyal internet soalnye

    ReplyDelete
  2. @don_jobberx
    wah, kalo gitu kayaknya don harus lebih banyak main di luar deh... ^^ jgn di depan komputer terus... hehe :)

    ReplyDelete