Sunday, November 21, 2010

Menghadapi Odontektomi Dengan Baik

Beberapa hari terakhir dalam minggu ini saya disiksa sakit gigi. Sama sekali tidak bisa makan. Gigi geraham bagian kanan bolong (bolongnya jadi gede karena perawatan, hiks, menyiksa...) sedangkan di bagian kiri, geraham bungsu enggan terbit setelah bertahun-tahun menyakiti gusi saya.  Bukan karena geraham bungsu itu jahat, cuma karena rahang saya kecil, jadi tak kuasa menampung pertumbuhan gigi geraham yang terlambat lahir itu. Alhasil geraham bungsu rahang bawah bagian kiri saya tumbuh miring, bahkan mahkotanya pun enggan muncul. Saya sering demam karena hal ini.

Saya sudah pernah menanyakan ini kepada dokter gigi langganan keluarga mengenai gigi geraham bungsu saya tersebut.  Namun bu dokter bilang sebaiknya di-odontektomi alias dioperasi.  Wah ngeri saya membayangkannya... :<
Tapi untungnya saya sempat browsing dan cari tau tentang odontektomi ini.  Buat teman-teman yang mungkin akan menghadapi hal yang sama, saya rangkumkan beberapa tips dari singkat tentang hal tersebut
(www.tanya pepsodent.com)..... pastinya dengan sedikit sentuhan saya... :D

Ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan yaitu :
* Merokok. Tahan diri untuk tidak merokok minimal 1×24 jam setelah pencabutan. >> Berhubung saya tidak merokok, hal itu bukan hal besar buat saya... ^^
* Terlalu banyak meludah. Pasien terkadang risih karena terasa banyak darah di dalam mulut dan biasanya ingin diludahkan. Darah yang keluar sebaiknya ditelan saja.  >> big deal... yeaks... :(
* Minum dengan sedotan.  >>mungkin karena gerakan menghisap dengan cukup keras...
* Berkumur terlalu keras. Berkumur saat sikat gigi atau berwudhu tetap dapat dilakukan namun tidak perlu terlalu keras. 

Catatan: Pasien perlu segera menemui dokter bila perdarahan berat masih keluar lebih dari 24 jam setelah pencabutan.

Hal-hal yang mungkin terjadi pasca odontektomi:
* Pendarahan.
Seperti pada pencabutan biasa, operasi gigi juga mengakibatkan perdarahan. Jadi pasien tidak perlu kaget bila selama beberapa jam pertama masih terasa ada rembesan darah yang keluar. Yang paling penting adalah menjaga agar bekuan darah yang sudah terbentuk tidak rusak lagi sehingga darah keluar lagi. Setiap gerakan di dalam mulut yang berupa menghisap atau menyedot dapat merusak bekuan darah dan bisa jadi darah yang keluar makin bertambah banyak.
* Pembengkakan pada pipi daerah pencabutan.
Pembengkakan pasca operasi gigi molar ini biasa terjadi, dan umumnya makin bertambah besar hingga hari ke-3 namun perlahan-lahan akan mengecil. Untuk meminimalkan pembengkakan, sebaiknya pipi dikompres dingin selama 24 jam pertama. Hari selanjutnya lakukan kompres hangat untuk menstimulasi peredaran darah dan mempercepat penyembuhan.
* Rasa sakit berdenyut setelah pengaruh obat bius hilang.
Rasa sakit pasti akan terasa, terutama setelah pengaruh obat bius hilang. Dokter gigi yang melakukan tindakan akan meresepkan obat untuk menangani hal tersebut, jadi dibutuhkan kedisiplinan pasien untuk mematuhi instruksi obat yang diberikan
* Makanan terjebak di tempat bekas pencabutan.
Gigi yang diambil akan meninggalkan soket/lubang sehingga gusi harus dijahit. Biasanya makanan sering terjebak dan sulit dibersihkan di daerah tersebut. Namun jangan mencongkel-congkel daerah tersebut apalagi dengan alat tajam dan tidak bersih. Lebih baik kumur perlahan dengan air atau air garam hangat untuk mengeluarkannya.
* Buka mulut terbatas, dan terasa nyeri bila mulut dibuka lebar.
Karena pembengkakan yang terjadi di pipi, biasanya ada keterbatasan saat membuka mulut. Oleh karena itu pilih makanan yang lunak dan mudah dikunyah, dan kunyah makanan secara perlahan.
* Rasa kebal atau kaku yang terus berlanjut lebih dari 1 hari setelah pencabutan.
Hal ini dapat terjadi pada posisi gigi yang terbenam dalam tulang cukup dalam dan ada syaraf yang tersenggol atau cedera saat disuntik  anestesi. Pasien dianjurkan untuk kembali menemui dokter gigi yang melakukan operasi agar dapat diresepkan obat yang dapat meredakan kondisi ini.

Tindakan yang sebaiknya dilakukan setelah operasi :
1. Setelah operasi, usahakan segera pulang ke rumah dan sebisa mungkin jangan banyak beraktivitas. Upayakan mendapat izin dari kantor atau sekolah pada hari operasi. Tentunya lebih leluasa untuk mengkompres pipi bila Anda berada di rumah.
2. Sebisa mungkin pilih makanan yang lunak selama 1-2 hari pertama, dan untuk sementara kunyah satu sisi saja yaitu di sisi yang tidak dicabut.
3. Dianjurkan untuk memilih minuman yang dingin, dan hindari makanan dan minuman yang panas dan pedas pada 24 jam pertama pasca operasi.
4. Bila pipi masih bengkak beberapa hari setelah operasi, coba perlahan-lahan pijat daerah pipi atau buka tutup mulut dengan gerakan perlahan agar otot di daerah tersebut lebih rileks.

Demikian untuk sedikit info tentang odontektomi...
Saya belum menghadapi (baru berencana nih), doakan lancar ya... ;D

Nah,kalau teman-teman mengalami perawatan gigi rusak seperti pada geraham kanan saya yang sekarang saya jalani, tanyakan aja langsung k dokter gigi yang teman-teman percayai.  Kalau masalah saya (menurut dokter) karena infeksinya udah menjalar sampai ke akar gigi, dan akar gigi saya susah ditembus... jadinya harus bersedia menahan diri lebih lama lagi karena tidak bisa makan.. :'( hiks
Pesan untuk teman-teman semua, jangan malas untuk menjaga gigi kalian ya... nanti sakit seperti saya... badan tambah kurus.. huhuhu :(  saya merindukan nasiii.....

Bye sobat, semoga tulisan ini bermanfaat.. Wassalam. :D

No comments:

Post a Comment