Saturday, January 22, 2011

Mengobati Rasa Jenuh Terhadap Rutinitas Harian

Beberapa teman saya yang bekerja kantoran dan adik-adik didik yang masih bersekolah sering berbagi cerita kepada saya tentang kejenuhan yang dirasakan saat bekerja atau belajar.  Saya cuma bisa bantu doa dan share artikel tentang mengatasi rasa jenuh dengan harapan dapat membantu teman-teman yang memang sedang jenuh (dan tentu saja untuk saya sendiri yang seringkali juga merasa jenuh). hhehe... Mudah-mudahan tulisan ringan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. ;)

Rasa jenuh dan lelah terhadap rutinitas yang monoton bisa muncul perlahan ataupun secara tiba-tiba.  Rasa jenuh dapat menurunkan kualitas pikiran.  Oleh karena itu, sebelum bekerja atau belajar, sebaiknya semangat dan energi kita maksimalkan agar bisa melanjutkan pekerjaan atau tugas sekolah yang masih menumpuk dan terbengkalai. Beberapa hal ringan berikut ini terbukti bisa membuat kita tambah bersemangat dan berenergi secara alami dan sehat... :D


1. Menikmati Sinar Matahari Pagi
 Tidak mendapatkan sinar dan udara yang segar merupakan salah satu alasan mengapa banyak orang merasa cepat lelah dan lesu.  Penelitian para ahli menunjukan bahwa sinar matahari dapat menstimulasi zat kimia dalam otak untuk meningkatkan mood.  Pagi hari lebih diutamakan karena saat sinar matahari di pagi hari lebih teduh dan udara pagi lebih segar dibanding siang atau sore hari, selain itu berjemur di pagi hari dapat membantu pembentukan vitamin D yang baik untuk tulang.  Jadi, berjemur sekitar 5-10 menit dan menikmati sinar matahari pagi yang hangat sangat bermanfaat bagi pikiran dan tubuh kita.
 
2. Jalan Kaki Sebelum Bekerja/Belajar
Sebuah studi mengungkapkan bahwa berjalan kaki dengan kecepatan sedang hingga cepat selama 10 menit, dapat meningkatkan semangat dan energi serta mengurangi stres.  Selain berolahraga ringan, berjalan kaki juga memberikan kita kesempatan untuk melihat pemandangan yang selama ini mungkin terlewat karena terlalu sibuk.
*Bagi wanita tidak dianjurkan menggunakan sepatu high-heels saat melakukan kegiatan ini karena jenis sepatu tersebut dapat menigkatkan potensi varises dan badan bungkuk.

3. Bergerak Dengan Bertenaga

Penelitian menunjukkan ketika seseorang bergerak lebih cepat, metabolisme mereka juga meningkat dan itu berefek pada meningkatnya energi.  Kita dapat lebih bersemangat bila melakukan segala sesuatu lebih cepat dan penuh energi. Misalnya, tetap berusaha berbicara dengan suara yang bertenaga ketika berbicara dengan teman atau saat menerima telpon, atau berjalan dengan lebih bersemangat.  Lakukan hal tersebut selama 10 menit saja, selebihnya biasanya akan mengikuti pola ini.  Pagi yang bersemangat dapat menjadi awal dari hari yang bersemangat.

4. Mendengarkan Lagu Favorit Berirama Cepat
Mendengarkan lagu favorit terutama lagu yang berirama cepat merupakan cara yang cukup efektif membangkitkan energi.  Hal itu karena stimulasi melalui sistem pendengaran sangat berpengaruh pada mood manusia.  Sama efeknya bila kita mendengarkan bentakan, cacian atau makian, mood dapat langsung drop. (Jadi, biasakan berbicara dengan nada tidak terlalu tinggi dan durasi yang tidak terlalu lama saat menegur kesalahan orang lain karena bisa berefek pada mood kita dan --tentu saja-- teman yang kita tegur).  Yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu lama mendengarkan musik lewat earphone (sebiknya tidak lebih dari 1 jam) karena berpotensi merusak pendengaran.  Bila ingin mendengarkan musik dalam waktu lebih lama atau sepanjang hari, lebih baik nyalakan lewat speaker dengan volume sedang sehingga tidak mengganggu teman lain.

5. Berbicara Dengan Teman yang Enerjik
Kita tidak hanya mendapatkan energi saat berinteraksi dengan orang-orang yang enerjik tetapi juga bisa mendapatkan penularan semangat dan menambah wawasan tentang visi hidup dari mereka. Bicarakan hal-hal lucu dan menarik sehingga kita bisa tertular semangat dan energi dari teman-teman enerjik.


6. Berdoa Sebelum Memulai Hari
Memulai hari dengan bersyukur atas kasih sayang-Nya selama ini dan memanjatkan doa agar diberi kebaikan di hari yang akan dijalani kepada Tuhan Yang Maha Esa merupakan terapi terbaik yang dapat dilakukan di samping kegiatan-kegiatan fisik yang telah dijabarkan sebelumnya.  Hal ini karena manusia pada dasarnya memerlukan makanan jiwa berupa doa dan ibadah kepada Tuhan yang diimaninya dengan sepenuh hati...



Selamat mencoba ya teman-teman... ^^  Saya juga sedang berusaha menjadi orang yang bersemangat nih! jadi kita sama-sama yaa... ^^
(sumber: vivanews.com dan pastinya dengan sedikit sentuhan saya>> sedikit penambahan dan pengurangan di sana sini...)

2 comments:

  1. betol banget nih, thanks,....
    ape lagi yang lagu tuh....lagi gila metal nih...
    asking alexandria....the devil wears prada

    ReplyDelete
  2. @Mr. Paradise: sip sip.. ^^ syukurlah kalau setuju.. boleh kasih masukan kalau ada yang kelewatan... :)

    Masalah lagu, sesuaikan dengan selera telinga masing-masing lah pokoknye... :) asal metalnye dalam arti sebenarnye jak nih.. bukan singkatan kaan...? :D hihihi
    lagu metal tapi tetap ingat dzikir y... ;)

    ReplyDelete