Saturday, January 29, 2011

Bangun Pagi


Catatan ini terutama buat saya sendiri yang beberapa waktu belakangan mengalami sulit bangun pagi (setidaknya kesulitan mempertahankan diri untuk tetap terjaga setelah sholat subuh…).  Bila ada teman-teman yang mengalami kejadian serupa, maka itu hanyalah kebetulan belaka… :) maksud saya, semoga bermanfaat!! Hehe…
~~~~~

Berikut ini beberapa petunjuk dan tips untuk memulai bangun pagi hari dengan benar tanpa harus merasa kekurangan tidur:


1.  Niatkan diri untuk bangun pagi
Memang terlihat seperti suatu hal yang sepele, namun bila sebelum tidur benar-benar meniatkan diri dengan sungguh-sungguh dan bertekad untuk bangun pagi pada jam sekian, niscaya itu akan menjadi sebuah sugesti yang akan masuk alam bawah sadar saat tidur, seperti alarm pribadi untuk benar-benar bangun pada jam sekian sesuai yang anda niatkan. Tentu saja tak lupa beserta doa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing sebelum tidur.
Selain itu, akan lebih baik jika kita merencanakan dan persiapkan segala sesuatu sehari sebelumnya.  Tidak ada yang lebih buruk dibanding dengan tergesa-gesa di pagi hari untuk mencari baju, sepatu dan kunci. Sisihkan waktu malam hari sebelum tidur untuk mengumpukan keperluan pagi hari, sehingga kita akan merasa begitu banyak waktu yang dapat kita hemat dengan melakukan ini.

2.  Tidur awal, bangun awal
Para ahli menyarankan sebaiknya tidur enam sampai delapan jam per malam bagi orang dewasa agar merasa lebih segar. Beberapa orang mungkin butuh lebih atau kurang, tergantung pola tidur masing-masing.  Jika kita termasuk seorang yang tidurnya gelisah, cobalah tidur setengah jam lebih awal dari yang biasa kita lakukan dan bangun kira-kira 15 menit lebih awal.  Kita akan heran bahwa ternyata 15 menit dapat membuat perbedaan yang besar dalam hari-hari kita!  Hal ini akan lebih efektif jika kita menjadwalkan waktu istirahat sehingga tubuh membentuk alarm bawah sadar karena kebiasaan.

3.  Mengatur asupan makanan sebelum tidur
Pada saat makan malam, perhatikan asupan makanan kita.  Jangan terlalu banyak makan sehingga kita tidur dalam keadaan terlalu kenyang karena ini akan sangat memberatkan untuk bangun pagi.  Jangan pula tidur dalam kondisi terlalu lapar, karena terlalu lapar juga akan melemahkan syaraf-syaraf sensorik dan motorik sehingga akan menyulitkan untuk tetap fresh saat bangun pagi.  Makanlah secukupnya saja saat kita makan malam.  Ini akan membantu membuat kita lebih mudah terjaga dan fresh saat bangun pagi.

4.  Pilih ruang istirahat yang akan terkena cahaya matahari saat pagi
Tidur di ruangan yang terkena cahaya matahari saat pagi memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam ruangan ketika matahari telah naik. Setidaknya bila kemungkinan buruk terjadi, yakni bangun kesiangan (ini sangat tidak dianjurkan bagi muslim karena berarti kita melewatkan waktu sholat subuh), maka sinar matahari akan membangunkan kita.  “Cahaya pagi yang masuk ke dalam tubuh bagaikan jam biologis yang akan menghentikan sekresi melatonin, hormon yang membuat seseorang mengantuk dan meningkatkan hormon serotonin yang memicu mood seseorang” ujar James B. Maas, PhD, seorang profesor psikologi di Cornell University.  Jangan tidur di ruangan gelap sepanjang hari, karena indera penglihatan akan mengirim sinyal ke badan untuk menganggap hari masih malam, sehingga secara tidak langsung badan kita tertipu untuk tidur nyaman lebih lama.

5.  Meredupkan cahaya kamar tidur sebelum tidur
Cahaya terang bisa mengalihkan perhatian kita sehingga otak lebih sulit beristirahat. Dengan membangun suasana tidur yang lebih tenang, tidur dapat lebih lelap sehingga tubuh dapat menyesuaikan diri secara alami untuk bangun lebih awal.

6.  Bangun dengan tepat
Suara keras dan bising dari weaker bukanlah cara yang baik untuk bangun setelah tidur malam yang kurang.  Lebih baik pergunakan alarm radio yang memutarkan alunan musik yang tidak menggeratak sistem kita di pagi hari.  Penelitian telah menunjukkan bahwa suara yang keras dapat mengagetkan sistem saat bangun tidur, dan sebaliknya, musik lembut yang tidak mengagetkan akan membuat kita bangun lebih natural dan tenang.  Ada baiknya alarm yang kita gunakan diletakkan agak jauh dari tempat tidur, agar kita bergerak ketika hendak mematikannya.  Setellah alarm pada jam yang benar-benar memungkinkan bagi anda untuk bangun karena menyetel alarm terlalu awal akan menyebabkan kita terbiasa memencet tombol snooze pada alarm, alias kebiasaan menunda.

7.  Melihat objek berwarna cerah
“Ketika mata Anda terbuka dan melihat sesuatu yang berwarna, adrenalin akan terpicu dan seketika itu pula energi Anda akan terdorong,” ujar Leatrice Eiseman, direktur eksekutif dari Pantone Color Institute.  Gunakan warna-warna cerah seperti merah, orange atau kuning pada bantal, selimut atau apapun yang berada dekat area kasur yang dapat langsung dilihat saat bangun.

8.  Melakukan peregangan
Melakukan gerakan ringan separti yoga atau memutar tubuh ke kanan dan ke kiri akan membantu tubuh  mengumpulkan energi dan membuat pikiran fokus. Rasa melayang di kepala yang kerap terjadi akibat bangun terlalu pagi pun dapat lenyap.  Memijat area sekitar wajah akan meningkatkan sirkulasi darah dan mempercepat bangun tidur.  Mulailah memijat dari daerah kening dan pipi dengan memukul perlahan menggunakan telapak tangan, kemudian daerah dagu dan akhirnya seluruh bagian wajah. Selain meningkatkan sirkulasi darah, gerakan memijat bisa membuat kita sadar dengan cepat.

9.  Bergerak
Segera setelah kita meregangkan tubuh dan dapat bangkit dari tempat tidur, cobalah untuk bergerak untuk melancarkan peredaran darah.  Kita dapat melakukan gerakan crunch (berbaring dengan lutut tertekuk lalu mengangkat kepala, leher, dan pundak), push-up, atau melompat-lompat ringan.

10.  Minum air putih
Meminum air putih di pagi hari dapat menyegarkan tenggorokan serta cukup efektif untuk menghilangkan rasa kantuk sehingga proses bangun pagi pun bisa lebih mudah.  Rehidrasi sebelum mengkonsumsi apapun tidak hanya menyegarkan tubuh tapi juga menstimulasi sistem saraf dan organ pencernaan. 

11.   Menyegerakan sarapan
Setelah lebih segar, sarapan adalah kunci bangun yang tepat yang lain.  Jus buah-buahan, sereal atau buah dapat memberi kita energi dan gizi yang kita butuhkan untuk memulai hari-hari dengan tepat.  Jangan menghentikan kebiasaan sarapan dan cobalah untuk ‘tidak terlalu banyak’ mengkonsumsi kafein  di pagi hari (cukup secangkir) karena sifat penghilang kantuknya hanya bersifat sementara.  Konsumsi berlebihan (lebih dari 2 cangkir di pagi hari) dapat menyebabkan lemas di tengah hari.

12.  Menghirup napas dalam-dalam
Kita sulit untuk bangun di pagi hari dengan perasaan enak dan tidak gugup, terutama ketika kita akan menghadapi hari-hari sibuk.  Ketika kita merasakan ini, berdirilah tegak dan tariklah napas dalam-dalam.  Selain menenangkan, menghirup udara di pagi hari berarti menghirup oksigen yang lebih banyak, sehingga otak dan paru-paru kita terasa lebih segar.

13.  Menyegerakan mandi
Hal yang paling sulit dilakukan saat bangun pagi adalah mandi, padahal di situlah kuncinya.  Menyegerakan mandi dengan air dingin dapat membangunkan sistem saraf Anda dan membantu menyadarkan Anda karena setelah mandi, tak akan ada lagi rasa malas karena pikiran dan tubuh Anda sudah “bangun”.

14. Minta bantuan keluarga / teman
Cara ini sangat efektif untuk bisa membantu kita bangun pagi.  Mintalah dibangunkan oleh ibu, ayah, adik, kakak, keluarga, atau teman.  Kita harus berkomitmen, sehingga akan timbul perasaan malu atau tidak enak apabila kita masih memilih tidur setelah dibangunkan.  Intinya adalah komitmen untuk tidak mengecewakan mereka yang telah berusaha membantu kita.

(Sumber: vision.net, infoaja.com, benih.net, millicent.blogdetik.com)
baca juga: http://rumaysho.com/belajar-islam/amalan/514-kebiasaan-tidur-pagi-ternyata-berbahaya.html sebagai referensi, buat sahabat-sahabat muslimku. :)

No comments:

Post a Comment