Sunday, December 26, 2010

12 Sifat Berdasarkan Respon Saat Menonton Pertandingan

Sebenarnya nggak ada jawaban yang salah dan benar dari respon spontan yang kita berikan.  Ini hanya prediksi sifat yang bisa jadi benar, bisa juga meleset.. Jadi, bawa asyik aja yah... ^^

Oke, jadi begini ilustrasinya:
Anda sedang menonton / menyaksikan pertandingan sepak bola.  Anda menjagokan tim yang menjadi tim tamu/visitor.  Pada menit-menit terakhir, tim lawan yang kebetulan musuh bebuyutan tim yang anda bela ternyata mengungguli tim favorit anda.  Sayangnya, dari berbagai kesempatan yang terjadi, tim anda justru terkesan menyia-nyiakannya.  Akibatnya, tim anda sepertinya sangat tidak mungkin mengejar ketertinggalan angka dan terancam kekalahan mutlak.
APA YANG AKAN ANDA LAKUKAN ??? PILIH 3 YANG MUNGKIN BAGI ANDA....

1. Berteriak kepada tim anda, "Woy!! cepat cetak angka!! Bikin malu aja, main kayak anak TK!"

2. Berteriak kepada tim anda, "Ayo, ayo, ayo.. Kalian bisa!!! SEMANGAAAAAAAT!!!"

3. Berkata keras ataupun hanya di dalam hati, "Ah, cemen amat sih, gitu aja langsung down.  Dasar mental tempe. "

4. Tertawa, dan berbalik membela tim lawan.

5. Berkata dalam hati, "Ya Tuhan Yang Maha Baik, tolonglah tim-ku supaya menang.. Nggak ada yang bisa menolong selain Engkau, Tuhan..."

6. Berkata pada teman nonton, "Yah, biarin ajalah. Toh permainan tim lawan emang lebih baik ketimbang tim kita."

7. Berkata, "Huh!! Wajar aja mereka menang.. Curang sih!!"

8. Menangis tersedu-sedu.

9. Berkata ataupun tanpa berkata-kata, langsung meninggalkan stadion / ganti chanel tivi / pulang dari nonton bareng / tidur.

10. Marah, mengumpat dan memaki, tak jelas kepada siapa (bisa jadi kepada lawan ataupun tim yang dibela).

11. Berkata kepada teman nonton, "Nggak papa kita kalah. Tunggu aja kalo main di tempat kita, kita bales!"

12. Berteriak kepada tim lawan, " Sialan lo!! Gue ganyang baru tau rasa!!"


Nah, udah dipilih top 3 dari sikap yang mungkin teman-teman lakukan saat menghadapi situasi tersebut??

INGAT!! Menurut Isamu Saito, agar bermain kokologi tetap menyenangkan, sebaiknya: 
- Katakan hal pertama yang muncul di kepala anda

- Mainkan bersama orang lain

- Jangan berusaha mengira-ngira jawaban

- Jujurlan dengan diri sendiri

- Jangan membaca lembar jawaban lebih awal

- Lihatlah reaksi orang lain (termasuk diri sendiri)

- Tetaplah berpikiran terbuka



Nah, kalau sudah yakin dengan 3 pilihan pertama kalian, silakan lanjutkan bacanya..... ^^  Kalau belum, JANGAN!!! *0*


Yang menjawab :
1. Tipe yang cenderung rada nge-bos dan sinis, seringkali secara tidak sadar berhasil menjatuhkan air muka dan mental orang lain.  Padahal kalau dia sendiri yang main, belum tentu lebih bagus dari anak TK tuh.. hihihi...(^^)v

2. Tipe PomPom Boys/Girls.  Seringkali vokal dalam bersuara / berpendapat, 'agak' nggak tau malu dan hampir selalu ceria dalam berbagai kesempatan.  Biasanya cukup setia jika dijadiin teman / pasangan dan pendukung yang baik bagi orang lain yang sedang kesusahan.

3. Tipe lack of empathy.  Orang tipe seperti ini kadang secara tidak sadar membuat orang di sekitarnya sedih dan tambah down karena perkataannya.

4. Tipe senang membohongi diri sendiri.  Orang seperti ini hobinya nyakitin hati orang lain dan sinis, walaupun sebenarnya mungkin karena hatinya juga sakit akibat kekalahan.  Istilahnya, dia mengalihkan rasa sakit hatinya menjadi rasa senang agar dia lupa dengan sakit hatinya... Beberapa orang mungkin menyebutnya tipe penghianat. hemm :(

5. Tipe religius, pendoa, ikhlas dan tawakal... wkwkwk :D

6. Tipe sportif atau logis.  Biasanya menilai tidak dari satu sudut pandang saja.  Orangnya cenderung bijak walau mungkin agak membosankan.  -_-

7. Tipe (cenderung) suka nyalahin orang lain, walaupun bisa jadi tuduhannya benar... :)

8. Tipe melankolis, agak susah dibuat senang tapi mudah dibuat sedih.  Orangnya setia luar biasa, tapi penyedih banget. Padahal kalah dalam pertandingan bukan akhir dunia, kan... :)

9. Tipe kurang loyal / tidak setia.  Seringkali nggak jelas posisinya di suatu masalah.  Saat menang dia ada, saat kalah dia menghilang!! Kemungkinan orang tipe ini adalah suporter yang nyaring bersuara saat kejayaan jelas di depan mata, tapi suka meninggalkan (secara diam-diam) saat orang lain sedang susah.  Biasanya lebih karena menghindarkan diri dari masalah, tapi jadi terkesan agak berhianat meskipun terselubung... :(

10. Tipe mudah stres.  Sebaiknya orang dengan tipe seperti ini tidak menonton pertandingan aja. hehehe, nggak ding, becanda... :D

11. Tipe pendendam, walaupun mungkin hanya sekedar di mulut saja.. Pola pikirnya cenderung optimis dan selalu percaya bahwa akan ada kesempatan kedua untuk melakukan yang terbaik, tapi mungkin bukan hari ini..  ;)

12. Tipe provokator, agak mirip dengan tipe pendendam, tapi dalam versi yang lebih lebay.  Cenderung senang membawa masalah personal ke ranah lain yang tidak ada kaitannya, sehingga terkesan kurang sportif dan kurang dewasa..


Gitu deh....
Kalau ngerasa prediksi dari saya benar, jadikan aja bahan renungan ke depan. Jika tipenya kita anggap baik, tak ada salahnya dipertahankan.. Tapi jika tipenya kita rasa kurang baik karena kita tidak ingin diperlakukan kurang baik juga maka boleh dijadikan bahan introspeksi..
Tapi, teman-teman..... kalaupun prediksi saya salah, saya minta maaf deh, yang setulus-tulusnya...  Toh, jujur, analisa yang saya lakukan ini tidak bisa dikatakan akurat karena tidak diikuti dengan riset para ahli...hehe..

Saya mohon maaf kalau ada yang kurang berkenan di hati.  Maklum, bukan psikolog, meskipun berminat di bidang tersebut... ^^  Bawa enjoy aja ya... And Keep Smile!! ^__^

(Tulisan ini terinspirasi dari kekalahan Indonesia melawan Malaysia pada pertandingan final putaran 1 yang dilaksanakan di Stadion Nasional Bukit Jalal, Malaysia, tanggal 26 Desember 2010..  Sebagai orang Indonesia, jelas, saya merasa sangat sedih dengan kekalahan 3-0 atas Malaysia.  Namun, dibalik itu semua, ada hikmah lain yang saya ingat dari buku kokologi yang pernah saya baca, yakni mengenai "karakter orang dari caranya menyikapi detik-detik kekalahan").

Last, but not least: I STILL LOVE INDONESIAN SOCCER SQUAD, NO MATTER WHAT.... ^_^

Viva Indonesia!!!

6 comments:

  1. Kalau saya jawab:
    dengan yakin >> 2 dan 5. Nah, karena disuruh milih 3, jadi pilihan ketiga harus ditentukan, tapi jujur saya sendiri bingung mau milih 6 atau 7.

    Lalu, sempat terpikir juga, mungkin kalau pertanyaan ini diberikan saat saya smp/sma, mungkin saya akan menjawab 8 juga. Tapi, karena kebetulan kemarin saya nggak nangis meski sedihnya minta ampun, jadi saya pikir saya tidak jadi mempertahankan jiwa ABG saya... hihihi..

    Jadi saya jawab 2, 5 dan 6/7... >> pilihan terakhir masih ragu-ragu... hehehe

    ReplyDelete
  2. waduh tak ada yang sesuai pilihan ini:
    ini komen yang biasa:

    1. Komentator macam ape jx, macam bagus2 jx
    2. banyak akting si markus nie..padahal dia grogi ba
    3. ganti lah si okto dan yonki tu,
    4. kalau liat umpan yang matang, wah bagus2..
    kalau lg liat tembakan ke arah gawang nmun melebar dikit.."bagus uda mantap da"
    5. mainkanlah ball positionnya, tenang dikit jx

    ReplyDelete
  3. @ uoase: hemm, tipe orang suke nganeh sorang klo gitu.. kreatif tapi kadang agak nyentrik... :D betul ndak tuuh... haha

    Btw, cobe bace betul2 petunjukknye.. atau jangan2 takut sifatnye terbace nih... :p

    ReplyDelete
  4. wkwkwk.... dasaaar... bandar togeeel... XD haha

    ReplyDelete