Wednesday, December 22, 2010

Doa Untuk Ibu dan Ayah

Hari ini tepat hari ibu.  Saya jadi terinspirasi untuk posting doa untuk kedua orang tua nih ^^ 

Ini adalah copas dari salah satu situs Islam (semoga yang menulis artikel tersebut diberkahi ilmunya. amin..)  Dan tentu saja dengan sedikit sentuhan dari saya..   ;D



Sebagai anak yang berbakti hendaknya kita senantiasa berdoa untuk ibu bapak kita. Berikut ini adalah doa-doa untuk orang tua yang tercantum dalam Al Qur’an :

“Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah:



Robbirhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiroo
“Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.” 
 [Al Israa’:24]



Robbanaghfir lii wa lii waalidayya wa lilmu’miniina yawma yaquumul hisaab
“Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).” 
[Ibrahim:41]



Robbighfir lii wa li waalidayya wa li man dakhola baytiya mu’minan wa lilmu’miniina wal mu’minaati wa laa tazidizh zhoolimiina illa tabaaro
“Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan.” 
 [Nuh:28]



Robbighfir lii wa li waalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiroo
“Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku dan kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.”


Adapun bila kita malas atausering lupa mendoakan kedua orang tua kita, maka mulai sekarang mari berusaha untuk selalu mengingat jasa-jasa kedua orang tua kita yang tidak akan mungkin terbayarkan seumur hidup kita, serta ingatlah hadist Rasulullah SAW berikut:

"Apabila anak Adam wafat maka putuslah amalnya kecuali tiga yaitu sodaqoh jariyah, pengajaran dan penyebaran ilmu yang dimanfaatkannya untuk orang lain, dan anak yang mendoakannya" (HR. Muslim).

Selain itu menurut hadist Rasulullah SAW, rezeki kita dapat terputus jika kita tidak mendoakan kedua orang tua yang berjasa bagi hidup kita :
"Apabila seorang meninggalkan do’a bagi kedua orang tuanya maka akan terputus rezekinya. (HR. Ad-Dailami)

Memang sepantasnya apabila kita melakukan kebaikan (termasuk berdoa) maka akan lebih baik jika kita tidak pamrih hanya menginginkan rezeki dari Allah.  Namun menurut saya pribadi, "terputusnya rezeki" dalam hadist tersebut mungkin memiliki maksud "terputusnya rezeki yang berkah bagi kehidupan".  Bukankah yang kita harapkan adalah keberkahan dari Allah Tuhan Yang Esa? ^^ >> personal opinion.

Demikianlah, mudah-mudahan kita bisa mengambil manfaat dari ilmu yang kita dapat dengan mengamalkannya setiap hari. Amiin.
SELAMAT HARI IBU....  ^_____^

No comments:

Post a Comment