Wednesday, April 13, 2011

PARAMPAA..... XD arrrrghh!!!

Mungkin sudah banyak teman-teman yang tahu lebih dulu mengenai permainan online paramapaa, daripada saya.  Saya baru tahu minggu ini, dan baru mulai main senin lalu.  :p Tapi saya yakin, ada juga yang belum tahu (nggak mau kalah mode on).  Buat yang belum tahu, saya kasih tahu sedikit deh ya, soalnya saya juga baru tahu sedikit.  ^__^

Parampaa merupakan game buatan orang Indonesia asli bernama Mustova Bisri (Masova) yang dapat dikunjungi di PARAMPAA LAND.  Soal-soalnya sangat absurd dan menantang.  Saat ini sudah ada 3 quiz yang ada, yaitu : QUIZ PARAMPAA, QUIZ PARAMPAA 2 dan QUIZ PARAMPAA KITA SEMUA.  QUIZ PARAMPAA merupakan versi awal yang berisi 100 pertanyaan mudah.  (Mudah menurut pembuatnya.. :p).  Sedangkan QUIZ PARAMPAA 2 hampir mirip dengan yang versi pertama, hanya saja lebih sulit dan menantang.  Nah, kalau QUIZ PARAMPAA KITA SEMUA berisi soal-soal yang dikirimkan oleh kawan-kawan PARAMPAA.  Jadi kita bisa juga ngirim soal versi kita.

Seperti yang adik didik saya bilang, ternyata permainannya memang bikin hati cenat-cenut (apa ini? ha ha).  Setiap kali mulai memainkannya, saya memang mempersiapkan hati dan jiwa supaya nggak terpancing rasa kesal,sakit hati dan ngesak (bahasa Pontianaknya kesal setengah mati tapi tidak bisa melampiaskannya) yang pasti muncul.  Tapi terus terang, saya rasa saya mulai menyukai permainan ini karena selain rasa kesal yang saya sebutkan tadi, saya juga merasa sangat tertantang untuk memecahkannya dan puas ketika bisa nyelesaikan setiap level dengan jerih payah sendiri.... Rasanya pinter aja, gitu. he he he...

Saya kurang tahu juga sih ya, tapi sejauh yang saya lihat, permainan parampaa ini memiliki nilai psikologi, logika, daya ingat, kecekatan dan tentu nilai fun-nya.  Logika dan daya ingat sangat diandalkan untuk memecahkan sebagian besar soal, kecepatan berfikir dan memainkan mouse juga diperlukan, sedangkan emosi diuji saat kita berada di level yang benar-benar membutuhkan kesabaran.  Tidak ada pertanyaan sulit, hanya kita saja yang harus sadar.  Jadi jelas, otak dan emosi kita dilatih secara tidak langsung lewat mainan yang menyebalkan ini! :p 
Oh iya, perlu saya ingatkan, buat anak-anak di bawah umur, sebaiknya permainan ini didampingi oleh orang tua karena beberapa level berisi kekerasan.  Memang hanya gambar sih, tapi kurang baik buat kejiwaan anak.  :)

Berdasarkan pengalaman saya, setiap kali mati (nyawa kita hanya 3 dan kadang-kadang harus modar hanya karena bom), kita harus kembali ke level pertama.  Ouuuh, awal memainkannya, saya masih tahan untuk mengulang lagi dari awal.  Tapi lama-kelamaan karena harus bolak-balik tanpa hasil, mati di level itu-itu saja, dan yang pasti memakan waktu yang cukup lama setiap mengulang, saya jadi malas juga.  Untungnya adik-adik didik saya yang sudah jagoan main, bilang untuk menggunakan password saja.  Sebagai catatan, password-pasword tersebut hanya berfungsi sebagai check-point dalam permainan ini sehingga kita tidak perlu mengulang keseluruhan level sebelum mati.  Sebenarnya sudah cukup banyak blog lain yang melampirkan password parampaa.  Ini saya copas untuk saya pribadi dan teman-teman bila memerlukan:
  • Level 11   : eleven
  • Level 21   : twenty1
  • Level 31   : thirty1
  • Level 41   : fourty1
  • Level 52    : fifty2
  • Level 67   : sunset
  • Level 71   : dorayaki
  • Level 80   : linger
  • Level 90   : gomugomu
  • Level 123 : arjuna
  • Level 130 : flyingmen
  • Level 141 : tumpattu
  • Level 151 : tumatu
  • Level 161 : 161161
  • Level 171 : 117711
  • Level 179 : 179179
  • Level 187 : 118877

Selain password, (ternyata) sudah banyak juga blog lain yang mencantumkan cara menyelesaikan tiap level.  Efektif, tapi rasa puas yang diperoleh benar-benar beda!  Saya sudah coba (pas melewati level 40), dan rasanya sangat tidak memuaskan... less of satisfaction.  :(   really!!
Jadi setelah mengetahui ini, pesan moral dari permainan ini bertambah, buat saya.  Cheating is not satisfying at all!


So, keep your hands clean, guys!!!

^____^
Ok, segitu aja dulu ya.  Selamat mencoba!!

No comments:

Post a Comment