Wednesday, April 6, 2011

Merawat Rambut Rontok


Rambut rontok. Hmm..sebenarnya sih bukan masalah besar, tapi nggak ada salahnya kan kalau pemberian Allah SWT yang nempel di kepala kita ini tetap dijaga sebagai tanda syukur..  Berikut tips singkat yang saya rangkum buat saya pribadi dan teman-teman yang pengen mencoba:

>>> Penting: analisa penyebab.  Kerontokan rambut dapat disebabkan mal nutrisi (kurang gizi), stress, anemia, gangguan tiroid, perawatan yang kurang tepat ataupun karena faktor keturunan / hormonal.  Dengan mengetahui penyebabnya, kita dapat menyesuaikan langkah yang seharusnya dilakukan untuk mengatasinya.
 
1.  Makan makanan bergizi.
Makanan bergizi sebenarnya tidak hanya berguna untuk rambut atau bagian tubuh tertentu saja, tapi juga diperlukan untuk seluruh bagian tubuh.  Untuk masalah kerontokan rambut, ada baiknya kita memperbanyak makan buah dan sayur-sayuran karena buah dan sayur banyak mengandung protein nabati, vitamin dan mineral yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut, contohnya sayuran hijau, kacang hijau, kacang kedelai dan turunannya (tempe, tahu, susu kedelai), tomat, wortel, pepaya dan jeruk.  Selain itu seafood dan yogurt juga baik untuk rambut. 

2.  Cafein.
Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Tobias Fischer dari Universitas Jena di Jerman (2007) mengenai biospsi kulit kepala dari 14 pria yang berada pada tingkat awal kebotakan, mengkonsumsi minuman bercafein terbukti dapat mengurangi resiko kerontokan rambut. Para peneliti percaya bahwa kafein bisa mempengaruhi sel rambut dalam berbagai cara dan kafein sanggup menghambat efek kerusakan yang disebabkan oleh dihydrotestosteron (disingkat DHT), zat yang yang menyebabkan kebotakan.
Tapi ingat, konsumsinya jangan berlebihan ya, karena semua yang berlebihan itu tidak akan baik. :)

3.  Sisir
Gunakan sisir bersikat jarang, terutama saat rambut masih basah atau lembab.  Untuk rambut keriting atau bergelombang, sangat tidak disarankan menggunakan sisir bersikat rapat baik saat rambut kering maupun basah.

4.  Produk alami yang mengandung ginseng.
Ginseng terbukti sangat baik untuk merawat rambut rontok karena dapat menguatkan akar rambut dan menyuburkan pertumbuhan rambut baru.  Contoh produk perawatan rambut yang dianjurkan adalah shampoo herbal yang ringan, conditioner, hair tonic / hair serum dan masker rambut.

5.  Keramas dengan air biasa
Air panas memang bagus bagi tubuh karena dapat membuka pori dan merilekskan otot yang tegang, namun hal ini justru kurang baik bagi rambut karena rambut akan lebih mudah rontok.  Jadi, gunakan air biasa atau hangat-hangat kuku dan hindari air panas untuk keramas. 

6.  Pengeringan rambut
Pengeringan rambut dengan diangin-anginkan biasa adalah cara alami yang paling aman dan hemat.  Bila ingin lebih cepat kering maka kita bisa gunakan bantuan kipas angin dari jarak yang jauh.  Jangan terlalu dekat dengan kipas angin, karena rambut bisa masuk ke baling-baling kipas! Bahaya!
Hindari penggunaan hairdryer terlalu sering atau terlalu lama karena panas hairdryer dapat merusak rambut dan menurunkan kelembaban alami rambut. Hindari juga menggosok-gosok rambut yang masih basah dengan handuk karena dapat menyebabkan rambut pecah atau bercabang di bagian ujungnya.
Saat masih lembab, sebaiknya gunakan vitamin rambut di bagian ujung untuk mencegah rambut bercabang. 

7.  Hindari produk rambut lain yang tidak perlu
Contoh produk-produk tersebut adalah gel rambut, krim rambut, minyak rambut, pewarna rambut, hair sprayer, dan lain sebagainya.  Untuk teman-teman cewek yang menggunakan jilbab, produk-produk ini mungkin tidak kita gunakan, tapi kita harus menghindarkan rambut basah yang langsung ditutup jilbab karena efeknya sama saja dengan menggunakan produk-produk tersebut: rontok!  xp
Jadi bila ingin keluar sambil menggunakan penutup kepala (jilbab buat cewek atau topi buat cowok), sebaiknya rambut dikeringkan terlebih dahulu, terutama di bagian akar rambutnya.

8.  Jangan terlalu terik / kuat mengikat rambut
Terlalu kuat mengikat rambut dapat menyebabkan kekuatan akar rambut berkurang dan meningkatkan kerontokan.  Untuk yang hobi mengikat rambut, sebaiknya rambut diurai sekali-sekali , terutama selama tidur atau setelah keramas (jangan ikat rambut saat rambut basah ya!).

Gitu deh, semoga bermanfaat! ^_^

~~~

Sebenarnya ada beberapa tips lagi mengenai rambut ini, seperti berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan rambut (yang biasanya akan memberikan obat, suntikan hormon atau transplantasi rambut) atau menggunakan rambut palsu.  Tapi saya rasa hal ini tidak perlu dilakukan karena tidak sesuai dengan aturan islam (terutama di bagian transplantasi rambut dan penggunaan wig ya).
**Untuk dua bahasan terakhir ini, bisa teman-teman baca di http://luk.staff.ugm.ac.id/kmi/islam/Qardhawi/Halal/20210.html di bagian menyambung rambut. Okee? :)

Semoga Allah memberikan ketabahan bagi kita yang merasa kehilangan helaian-helaian rambut indah yang pernah dititipkan-Nya untuk kita, ya, teman-teman... 

No comments:

Post a Comment