Wednesday, May 4, 2011

Jadwal Tubuh

Ternyata bukan hanya kita yang memiliki jadwal kegiatan loh!  Tubuh kita, tanpa perlu kita perintah sebelumnya, ternyata juga memiliki jadwal yang sangat teratur dan hampir sama bagi semua manusia.  Jadwal tubuh merupakan mekanisme normal tubuh untuk menyeimbangkan fungsi organ-organnya.  Jadi kita sangat dianjurkan untuk ikut mensukseskan jadwal tubuh kita agar kita tetap sehat.  Berikut ini  sedikit pengetahuan yang saya peroleh tentang jadwal tubuh.  Selamat membaca... ^^

Malam hari pukul 9.00 - 11.00 
merupakan masa pembuangan zat- zat tidak berguna / beracun (de-toxin) di bagian sistem antibodi (terutama kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini, tubuh seharusnya dengan keadaan tenang, duduk rileks, sambil mendengarkan musik ataupun sudah dalam keadaan tidur. Bila pada durasi ini seseorang masih dalam kondisi yang tidak santai (seperti misalnya ibu yang masih sibuk mencuci piring, ayah yang masih berkutat dengan pekerjaan atau anak yang masih belajar atau bermain), dapat mengalami penurunan kesehatan dan gangguan tidur.

Malam Hari pukul 11.00 - 01.00 Dini Hari
merupakan saat proses de-toxin di bagian hati, hanya berlangsung dalam kondisi tidur pulas.  Jadi sangat penting untuk tidur sebelum jam tersebut. 

Dini hari pukul 01.00 - 03.00
merupakan saat proses de-toxin di bagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur.

Dini hari pukul 03.00 - 05.00
merupakan saat proses de-toxin di bagian paru-paru.  Tubuh sebaiknya sudah dalam keadaan bangun dan terjaga selama durasi waktu ini.  Hirup nafas dalam-dalam dengan posisi tubuh tegak sangat dianjurkan.  Bagi penderita batuk, gejala flu ataupun penyakit di saluran pernafasan lainnya mungkin akan mengalami batuk hebat atau bersin berulang kali selama durasi waktu ini.  Tidak perlu minum obat agar proses pembuangan kotoran secara alami di saluran pernafasan tidak terhambat.  Saluran pernafasan yang sehat meningkatkan kualitas pengangkutan dan sirkulasi pada sistem peredaran darah.

Pagi hari pukul  05.00 - 07.00
merupakan saat proses de-toxin di bagian usus besar.  Teman-teman pasti tahu ritual rutin apa yang dimaksud.. ^^  Untuk membantu tubuh pada durasi ini, biasakan makan makanan sehat dan cukup serat.

Pagi hari pukul 07.00 -09.00
merupakan waktu penyerapan gizi makanan di usus kecil, jadi sangat dianjurkan untuk sarapan.  Menu sarapan terbaik adalah buah atau jus buah (alasan tentang ini, klik disini aja ya)
  • Bagi orang yang sakit sebaiknya sarapan lebih pagi yaitu sebelum pukul 6.30.
  • Bagi yang ingin menjaga kesehatannya, biasakan sarapan sebelum pukul 7.30.   
  • Bagi mereka yang tidak biasa sarapan pagi sebaiknya merubah kebiasaan buruk tersebut.  Usahakan tetap sarapan meskipun terlambat (hingga pukul 09.00 - 10.00) daripada tidak makan sama sekali. 
Selebihnya, dari pukul 09.00 pagi - 09.00 malam, silakan isi dengan jadwal harian kita.  Intinya, bagilah waktu secara proporsional dan belajarlah menghentikan kebiasaan begadang.  Nggak baik berlaku dzalim sama tubuh sendiri.  Right??

Gitu deh, teman-teman, semoga bermanfaat yah... :) 

No comments:

Post a Comment